PUBLIKSATU – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Buton Selatan terus berupaya mempermudah pelayanan perizinan melalui sistem online.

Dengan ini masyarakat sudah bisa mengurus permohonan izin usaha tanpa harus ke kantor DPM PTSP. Dapat dilakukan secara langsung darimana saja dan kapan saja.

Sistem yang diterapkan secara online tersebut adalah one single submission atau OSS. Sistem ini dibuat untuk membantu masyarakat yang ingin mengurus perizinan.

“Kita saat ini sudah menerapkan sistem perizinan berbasis online. Ini untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Jika ada yang mengurus izin usaha bisa langsung diakses melalui internet,” kata Kepala DPM-PTSP Busel, Muhammad Thahir saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Lanjut kata dia, jika ada masyarakat yang masih bingung dengan pengisian format perizinan dalam OSS bisa langsung datang ke kantornya. Sebab, sistem pelayanan dalam jaringan itu baru diluncurkan Juli lalu.

“Kita masih terus memaksimalkan pelayanan online ini. Meski masih baru, semua perizinan sudah harus masuk di OSS,” imbuhnya.

Selain itu pihaknya juga mengembangkan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (SiCANTIK) berupa sistem cloudyang dapat digunakan oleh instansi pemerintah secara gratis. SiCANTIK sendiri merupakan aplikasi berbasis web yang akan terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) untuk perizinan berusaha maupun layanan lain yang dilaksanakan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP)